0

Firefox, Chrome dan Opera, siapa juaranya???

Label:

Kali ini kami menguji 3 browser ternama di dunia. Masing masing yang kami uji adalah rilis terbaru mereka untuk gnu/linux.

  • Firefox 3.5.6
  • Google Chrome 4.0.249.43
  • Opera 10.10
Komputer yang digunakan untuk menguji Pentium Core 2 Duo 3 Ghz dengan RAM 3 G, koneksi internet direct tanpa proxy. Seluruh browser diinstall fresh dengan posisi cache-history kosong, dan setting default. Untuk opera fitur Opera Turbo dalam posisi off. Untuk desktop gnu/linux kami menggunakan desktop KDE 4
Adapun yang diuji adalah tingkat konsumsi memori dan kecepatan rendering web. Untuk pemantauan memory digunakaan tool bawaan KDE: System Monitor. Memory yang dihitung adalah saat aplikasi pertama kali dijalankan, dan saat bekerja membuka website. Untuk ujian kecepatan rendering web, kami memaksa masing-masing browser untuk membuka sebanyak 54 website blog dalam waktu hampir bersamaan dalam 54 tab. Pengujian terhadap masing masing browser dilakukan tidak dalam waktu bersamaan. Jadi semisal setelah opera selesai, baru dilanjutkan chrome, dst.
Sebagai informasi tambahan dari segi manajemen memory (berdasarkan pantauan System Monitor) ketiga browser memiliki mekanisme yang berbeda. Untuk membuka sebanyak 54 website dalam satu window contohnya, Chrome memecahnya dalam banyak child process. Kemungkinan besar ini berkaitan erat dengan inovasi Chrome agar seandainya ada salah satu tab yang hang tidak akan menyebabkan keseluruhan aplikasi ikut hang. Untuk Opera dibagi dalam 3 process. Satu untuk aplikasi utama, dan 2 untuk proses cleaner. Sementara Firefox sama sekali tidak dipecah.
Berikut hasil pengujian kami..
Memori startup (memory yang digunakan untuk menjalankan browser pertama kali, tanpa membuka website apapun)
  1. Chrome - 15.1 MB (terbaik)
  2. Firefox - 22.6 MB
  3. Opera - 25.6 MB
Chrome
Firefox
Firefox
Opera
Opera
Memory yang digunakan untuk membuka 54 Website dalam 1 window (54 tab)
  1. Firefox - 115,1 MB (terbaik)
  2. Chrome - 167.4 MB
  3. Opera - 167.7 MB
Firefox
Firefox
Chrome
Chrome
opera
opera
Jumlah website yang berhasil dirender sempurna dalam waktu 5 menit dari total 54 tab website yang dibuka secara bersamaan dalam satu window:
  1. Opera - 35 website (terbaik)
  2. Chrome - 27 website
  3. Firefox - 24 website
Kesimpulan:
  • Untuk browser teringan Chrome juaranya, diikuti oleh Firefox dan Opera diurutan buntut. Namun perlu diingat apabila Anda tipe orang yang suka membuka banyak tab website dalam waktu bersamaan, bisa jadi Chrome menjadi lebih berat dan boros memory ketimbang Firefox.
  • Untuk browser tercepat dalam membuka website, Opera 10.10 jawaranya. Opera hampir 15% lebih cepat dari Chrome, dan 20% dari Firefox. Firefox menjadi yang terburuk.
Sumber : baliwae.com

0 komentar:

Posting Komentar